Sejarah Internet Pada Awal Mulanya

Sejarah Internet


Sejarah Internet Pada Awal Mulanya ~ Perkembangan teknologi akhir-akhir ini memang sangat pesat sekali, bahkan hampir di seluruh dunia orang sudah merasakan dan menikmati sebuah teknologi modern yang benar-banar sangat mempengaruhi pola hidup manusia.

Dan salah satu teknologi yang sering kita gunakan sehari-hari adalah internet.

Ya.. internet! sebuah teknologi dengan pengguna hampir di seluruh dunia dan bisa menghubungkan antara satu dengan yang lainnya di hampir seluruh belahan bumi dengan kecepatan yang sangat luar biasa.

Siapa yang menyangka, dengan adanya internet ini manusia di buat lebih cepat melakukan hubungan dengan mudah. Bahkan Anda bisa membaca dan melihat informasi berita dengan sangat cepat di internet.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan di internet yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan dan kepentingan kita saat ini.

Lepas dari semua manfaat dan teknologi internet tersebut, maka saya akan membahas sejarah pertama kali internet ini di temukan.

Bicara mengenai Internet ini, pasti sobat semua bertanya tanya. Siapa sih orang yang pertama kali menemukan internet? dan bagaimana sebuah system ini bekerja, dan masih banyak pertanyaan pertanyaan yang muncul di dalam otak dan pikiran Saya saat itu dan seperti sobat saat ini yang ingin mencari tahu informasi tersebut.

Pertanyaan seperti itu kerap sekali muncul sehingga saya mencoba mencari tahu bagaimana sejarah awal pertama kali internet itu di temukan kemudian berkembang.

Ok Sob, saya akan sedikit menjelaskan sejarah dan perkembangan internet menurut dan sesuai yang saya tahu dan saya pelajari.

Sebelum era internet saat ini, ada sebuah system atau alat komunikasi yang pada saat itu banyak orang menggunakannya, yaitu Telegraf.

Alat komunikasi telegraf ini juga disebut-sebut sebagai pendahulu dari internet yang berbasis digital.

Penggunaan telegraf di mulai sekitar abad ke 19 yang memiliki konsep pengiriman data menggunakan media elektromagnetik.

Namun dalam penggunaan telegraf  tersebut masih terbatas dengan hanya dua perangkat yang berhubungan saja.

Dan seiring dengan perkembangan dunia teknologi yang selalu terus maju, maka para peneliti dan ilmuwan terus mengembangkannya seperti Ralph Hartley, Claude Shannon dan Harry Nauqist.

Para peneliti dan ilmuwan tersebut mengembangkan sebuah teori transmisi  data dan informasi yang merupakan titik awal dan dasar bagi banyak teori dalam bidang tersebut.


Sejarah Awal Internet


Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa pertama kali internet di mulai pada tahun 1960-an dan awal mula internet ini di ciptakan oleh Angkatan Bersenjata Amerika yang pada waktu itu merasa khawatir dengan serangan dari negara lain.

Maka pada saat itu mereka mengembangkan dan mulai mencoba dengan komunikasi terbaru untuk menukar informasi melalui jaringan komputer.

Internet (Interconnection Networking) ini di bentuk oleh Departemen pertahanan Amerika melalui proyek besar mereka ARPA atau yang biasa disebut dengan ARPANET atau yang disingkat dengan Advanced Research Project Agency Network.

Mereka mencoba mendemonstrasikan bagaimana sebuah komputer bekerja dengan hadware dan software yang berbasis UNIX ini dapat melakukan komunikasi jarak jauh.

Proyek dari ARPA ini mencoba merancang sebuah bentuk jaringan yang handal dan melihat seberapa besar informasi yang dapat dipindahkan yang pada akhirnya  merupakan titik awal dari pembangunan sebuah protokol baru atau yang sekarang biasa kita kenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) di dalam sebuah jaringan internet.

Awal mula dan tujuan di bangun proyek tersebut adalah hanya sebatas keperluan militer Amerika, dan pada saat itu pihak Departemen Pertahanan Amerika Serikat merasa perlu membuat pertahanan dalam system jaringan komputer yang bisa tersebar dan dapat menghubungkan beberapa komputer dari satu daerah ke daerah yang lainnya yang sangat vital.

Untuk itulah Amerika Serikat sangat perlu sekali membangun sebuah system pertahanan informasi dan komunikasi untuk mengatasi masalah jika suatu saat terjadi serangan nuklir yang dilakukan oleh negara lain, dan untuk mengatasi hal tersebut maka di bentuklah sebuah system jaringan terpusat.

Komentar

  1. Portal Belanja terbaik

    Dapatkan produk-produk berkualitas, promo dan diskon tiap hari dan pengiriman gratis, belanja di mstore.nu

    BalasHapus

Posting Komentar